Sintaks (Tahapan) Model-model Pembelajaran
Bukan Sekedar Guru Biasa !!!
Saya ucapkan terima kasih untuk para calon guru yang sudah mampir ke blog saya yang sangat sederhana ini. Di bawah ini terdapat beberapa macam – macam sintaks dalam pelajaran SD khususnya IPA. Banyak diantara kita yang menemui kesulitan ketika dihadapkan untuk membuat RPP model terbaru sesuai dengan revisi dari hasil pertemuan para pakar pendidikan khususnya pendidikan dasar. Dalam membuat RPP terbaru hal yang harus dilakukan adalah dengan memperhatikan sintaks – sintaks model pembelajaran terlebih dahulu agar memudahkan kita dalam proses pembuatannya. Maka, sedikit saya perlihatkan contoh macam – macam sintaks model pembelajaran yang paling sering digunakan dalam pembelajaran di SD. Semoga dapat bermanfaat untuk teman – teman mahasiswa PGSD di manapun berada. Amien !!!
JADILAH GURU REVOLUSIONER !!!
Sintaks Model Pembelajaran kooperatif
Fase | Perilaku Guru |
Fase 1 Menyampaikan tujuan dan memotivasi siwa | Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar. |
Fase 2 Menyajikan informasi | Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan. |
Fase 3 Mengorganisasi siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar | Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap agar melakukan transisi secara efisien. |
Fase 4 Membimbing kelompok belajar dan bekerja | Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka. |
Fase 5 Evaluasi | Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya. |
Fase 6 Memberikan penghargaan | Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok. |
Sintaks Perbandingan dari Empat Pendekatan dalam Pembelajaran Kooperatif
Aspek | Tipe STAD | Tipe Jigsaw | Investigasi Kelompok | Pendekatam Struktural |
Tujuan Kognitif | Informasi akademik sederhana | Informasi akademik sederhana | Informasi akademik tingkat tinggi dan keterampilan inkuiri | Informasi akademik sederhana |
Tujuan Sosial | Kerja kelompok dan kerja sama | Kerja kelompok dan kerja sama | Kerjasama dalam kelompok kompleks | Keterampilan kelompok dan keterampilan social |
Struktur tim | Kelompok heterogen dengan 4-5 anggota | Kelompok belajar heterogen dengan 5-6 anggota menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli | Kelompok belajar dengan 5-6 anggota heterogen | Bervariasi, berdua, bertiga, berkelompok dengan 4-6 anggota |
Pemilihan topic pelajaran | Biasanya guru | Biasanya guru | Biasanya siswa | Biasanya guru |
Tugas utama | Siswa dapat menggunakan lembar kegiatan dan saling membantu untuk menutaskan materi belajarnya | Siswa mempelajari materi dalam kelompok ahli kemudian membantu kelompok asal mempelajari materi itu | Siswa menyelesaikan inkuiri kompleks | Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan social dan kognitif |
Penilaian | Tes mingguan | Bervariasi dapat berupa tes mingguan | Menyelesaikan proyek dan menulis laporan, dapat menggunakan tes esai | Bervariasi |
Pengakuan | Lembar pengetahuan dan publikasi lain | Publikasi lain | Lembar pengetahuan dan publikasi lain | Bervariasi |
Sintaks Model Pembelajaran Inkuiri (Penemuan)
Tahap | Tingkah Laku Guru |
Tahap 1 Observasi untuk menemukan masalah | Guru menyajikan kejadian-kejadian atau fenomena yang memungkinkan siswa menemukan masalah |
Tahap 2 Merumuskan masalah | Guru membimbing siswa merumuskan masalah penelitian berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya |
Tahap 3 Mengajukan hipotesis | Guru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskannya |
Tahap 4 Merencanakan pemecahan masalah (melalui eksperimen atau cara lain) | Guru membimbing siswa untuk merencanakan pemecahan masalh, membantu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang tepat |
Tahap 5 Melaksanakan eksperimen (atau cara pemecahan masalh yang lain) | Selama siswa bekerja, guru membimbing dan memfasilitasi |
Tahap 6 Melakukan pengamatan dan pengumpulan data | Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpilkan dan mengorganisasi data |
Tahap 7 Analisis data | Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan suatu konsep |
Tahap 8 Penarikfnan kesimpulan dan penemuan | Guru membimbing siswa mengambil kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan. |
Sintaks Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Tahap | Tingkah Laku Guru |
Tahap 1 Orientasi siswa kepada masalah | Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistic yang dibutuhkan, memotivasi siswa untuk terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya |
Tahap 2 Mengorganisasi siwa untuk belajar | Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasi tugas belajar tugas belajar yang berhubungan dengan masalh tersebut |
Tahap 3 Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok | Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapat penjelasan dan pemecahan masalah |
Tahap 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model dan membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya |
Tahap 5 Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah | Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka atau proses-proses yang mereka gunakan |
Sintaks Model Pembelajaran Langsung
Tahap | Peran Guru |
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa | Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, informasi latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran, mempersiapkan siswa untuk belajar |
Mendemonstrasikan keterampilann (pengetahuan procedural) atau mempresentasikan pengetahuan (deklaratif) | Guru mendemonstrasikan keterampilan dengan benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap |
Membimbing pelatihan | Guru merencanakan dan member bimbingan pelatihan |
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik | Guru mengecek apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik, memberi umpan balik |
Memberukan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan | Guru mempersiapkan kesempatan untuk melakukan pelatihan lanjutan, dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi lebih kompleks dan kehidupan sehari-hari |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar